Kehidupan Desa

Desa…. Mungkin dari sebagian banyak orang telah mengetahui seluk-beluk atau suasana dari kehidupan desa, akan tetapi menurut pandangan setiap orang desa itu mempunyai arti tersendiri yang sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. Desa juga dapat diartikan sebagai suatu daerah yang mempunyai budaya yang masih sangat kental serta dalam kehidupannya yang masih sangat alami.

Desa merupakan daerah yang terkenal akan kesuburan tanahnya, sehingga dari kebanyakan orang-orang  yang tinggal di desa memilih pekerjaan sebagai seorang petani, karena dengan kesuburan tanah yang relatif tinggi, maka para petani dapat menanam berbagai macam tanaman ,seperti buah-buahan serta sayur-sayuran yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan usaha para petani untuk menjual berbagai macam hasil panen meraka keberbagai daerah .

Telah kita ketahui bahwa kehidupan didesa sangatlah berbeda dengan kehidupan dikota, mengapa demikian ….?? “Itu dikarena kan kehidupan kota sudah banyak sekali pembangunan gedung-gedung perkantoran, seperti gedung pencakar langit, atau bahkan seperti dibangunnya mall-mall serta apartemen-apartemen yang menyebabkan berkurang nya daerah penghijauan, kehidupan dikota terkenal dengan kehidupan orang-orang sibuk, orang-orang perkantoran. Sehingga tidak aneh lagi bahwa kehidupan dikota sering dihadapkan dengan kemacetan yang akhirnya menimbulkan pencemaran polusi dari berbagai kendaraan.

Kehidupan didesa adalah kehidupan yang sangat diinginkan oleh setiap orang  yaitu dimana kehidupannya bisa dibilang masih sangat alami, itu dikarenakan masih terdapat banyak penghijauan seperti : ladang,persawahan serta perkebunan dan juga terdapat banyak  gunung-gunung yang menghasilkan mata air yang sangat dibutuhkan oleh para petani untuk mengairi persawahan mereka, dan dari kebanyakan orang-orang desa melakukan aktifitas keseharian mereka dengan menggunakan transportasi sepeda ataupun dengan pejalan kaki, itu semua dilakukan baik dari sebagian banyak pelajar maupun dari sebagian banyak pekerja .

sehingga tidak aneh lagi bahwa kehidupan didesa terkenal dengan udaranya yang sejuk, pemandangan yang alami, serta kehidupannya yang jarang sekali tercemar oleh berbagai polusi kendaraan.

Maka inilah sebagai alasannya, mengapa dari kebanyakan orang-orang kota memilih untuk menghabiskan waktu liburannya hanya untuk berkunjung kesebuah pedesaan. Disamping untuk merasakan udaranya yang sejuk, orang-orang kota juga dapat melihat berbagai pemandangan yang tidak pernah mereka lihat dan rasakan sebelumnya selama tinggal dikota.

Kehidupan didesa terkenal dengan orang-orang yang mempunyai keramah-tamahan serta rasa kepedulian yang tinggi terhadap orang-orang disekitarnya, yang lebih mementingkan kepentingan sosial daripada kepentingan individu, maka dikatakan bahwa kehidupan didesa jauh dari tindakan-tindakan kriminalitas ataupun segala tindakan yang saling merugikan antar sesama. Yang pada akhirnya membuat rasa aman, dan juga nyaman bagi siapa saja yang berkunjung ataupun berlibur disebuah pedesaan.

Disamping dengan keramah-tamahan yang dimilikinya, setiap orang-orang desa juga sangat religius, maksudnya yaitu sangat mengutamakan keagamaan yang mereka jalani, sehingga banyak terdapat tempat-tempat  atau padepokan yang dijadikan sebagai tempat belajar mengajar tentang ilmu agama. Dan biasanya aktifitas ini dilakukan setiap harinya menjelang ba’da isya, yang djalani baik dari golongan anak kecil, anak muda ,maupun orang-orang dewasa. Dan Biasanya aktifitas ini tidak pernah luntur oleh perkembangan jaman, itu dikarenakan aktifitas ini dijadikan turun temurun bagi setiap orang-orang desa kepada anak didiknya, kerena hanya dalam bentuk ini kita dapat mensyukuri segala bentuk rahmat ataupun anugerah yang dapat kita rasakan setiap harinya, dan juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada TUHAN YME.

 

Maka inilah sebagian kecil penjabaran  saya mengenai kehidupan desa yang saya jadikan sebagai sebuah bentuk tulisan. Mungkin dari sebuah tulisan ini kita dapat mengambil berbagai hikmah ataupun pelajaran yang dapat kita jadikan sebagai motivasi untuk merubah image kehidupan kota seperti halnya dengan kehidupan desa, baik itu dalam segi keagamaan maupun dalam segi kemasyarakatan yang lebih mementingkan kepentingan sosial daripada kepentingan individu.

Dan untuk siapa saja yang telah membaca dan memahami sebuah tulisan ini, semoga selalu diberi rahmat serta selalu dalam lindungan ALLAH SWT….  amien..amien..amieen yarobbal’alamiin

Sekian dari saya :
“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s