TINGKATKAN HOBI MEMBACA

TINGKATKAN HOBI MEMBACA

Membaca ….. yaaacch sebuah kata sering didengar tapi jarang sekali orang untuk menyukainyaa..
kita tahu bahwa dengan membaca dapat menjadikan seseorang menjadi kaya akan berbagai ilmu pengetahuan……

dalam tema kali ini saya akan menjelaskan betapa pentingnya membaca dalam sebuah kehidupan. Kita sebagai seseorang yang tidak ingin dikatakan bodoh ataupun seseorang yang slalu ketinggalan info, maka haruslah rajin-rajin membaca baik dalam sebuah Koran, internet, selebaran, majalah, ataupun buku-buku lainnya.

Orang-orang yang gemar membaca mereka selalu ingin mencari tahu berbagai informasi apa saja yang ia inginkan. Misalnya pada sebuah situs okezone, detik.com maupun situs-situs lain yang dapat memberi tahu berbagai informasi perkembangan apa sajayang sedang terjadi. Karena dengan adanya situs-situs tersebut kita dapat membacanya bisa dengan via internet handphone ataupun berbagai koneksi yang digunakan.
bila seseorang yang ingin membaca atau ingin mencari berbagai sumber ilmu pengetahuan tanpa dengan bantuan internet, maka kita bisa cari diperpustakaan, ataupun took-toko buku terdekat.
Contoh sederhana, bila kita membeli sebuah barang yang dilengkapi dengan buku panduan untuk memasang atau menggunakannya. Sedikit yang memanfaatkan buku panduan karena banyak yang menganggap semua dapat dilakukan tanpa perlu membuang-buang waktu untuk membaca buku panduan tersebut. Tinggal pasang dan semua selesai. Tanpa mau direpotkan oleh bla-bla-bla yang ada di dalam buku panduan. Padahal bila kita mau meluangkan waktu sejenak untuk melihat isi buku panduan tersebut, kita akan mendapatkan banyak informasi yang perlu dan harus kita ketahui. Intinya, tak ada kata rugi dalam membaca.

Menurut survey, menceritakan dongeng atau membacakan buku bacaan kesukaan anak akan berdampak positif untuk anak. Selain dapat menambah kosakata anak, anak juga dapat mencintai buku karena dengan semakin banyak ia mengetahui macam – macam cerita yang pernah didengarnya, ia akan tertarik menggali sesuatu yang berhubungan dengan cerita tersebut. Anak akan merasa tidak mau kalah dengan orang lain. Dan bila anak sudah besar, metode membacakan cerita ini akan diturun – temurunkan kepada anak dan cucunya.

Sulit membudayanya membaca memang tak lepas dari didikan orang tua terhadap anaknya. Orang tua sekarang tidak terlalu concern dengan hal – hal yang dianggap sepele tersebut. Mungkin orang tua sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di kantor atau di luar rumah ketimbang memberikan sedikit waktu untuk sekedar berbagi waktu bersama anak dalam rangka membacakan sebuah buku cerita.

Jadi masih banyak lagi manfaatnya apabila kita membudayakan membaca sejak dini. Bukan hanya wawasan luas yang akan kita dapatkan, informasi penting dan hal – hal yang dapat membuat otak kita akan terus tajam walaupun usia kita bertambah, kita juga dapat awet muda karena dengan membaca, seluruh anggota tubuh bersinergi, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Ada penelitian yang membuktikan bahwa membaca buku bisa mencegah kita dari penyakit pikun. Mungkin karena kita selalu diajak berpikir ketika kita membaca, sehingga otak kita bisa tetap aktif.

maka sekian pembahasan dari saya… semoga apa yang saya tulis dalam tema ini akan membuat para pembaca dapat memahami betapa pentingnya membaca bagi kehidupan dan juga dapat sebagai bekal ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang….

Terimakasihhh ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s