MANUSIA DAN HARAPAN

A. PENGERTIAN HARAPAN
Kita tahu bahwa setiap manusia pasti mempunyai sebuah harapan, manusia yang tidak mempunyai harapan diibaratkan seperti orang yang sudah mati. Dan harapan tersebut bergantung kepada pengetahuan, pengalaman, dan juga lingkungan hidup. Bisasanya seseorang yang mempunyai harapan terlalu besar dalam hidup nya tentu menjadi sebuah bahan tertawaan banyak orang.
Berhasil atau tidaknya sebuah harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Misalnya disini rafiq mempunyai nilai A dalam ujiannyayang akan datang, tetapi tidak ada usaha, tidak pernah hadir kuliah, dan ia menghadapi ujian dengan santai, bagaimana rafiq mendapat nilai A. lululspun mungkin tidak.
Harapan haruslah berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri. Maupun kepercayaan kepada tuhan yang maha esa, agar nantinya sebuah harapan dapat terwujud. Maka perlu usaha yang sungguh-sungguh. Manusia wajib selalu berdoa karena doa merupakan sarana terkabulnya sebuah harapan.
Harapan bersal dari kata harap yang artinya keinginan, sehingga harapan adalah segala sesuatu yang kita inginkan, maka dari itu harapan sangat menyangkut dengan massa depan.

B. SEBAB-SEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN
Menurut kodratnya manusia adlah makhluk social, yang sangat terlibat dalam sebuah lingkungannya, yaitu baik di tengah sebuah keluarga maupun ditengah masyarakat, dengan adanya kodrat manusia. Maka setiap manusia tidak akan pernah bias luput dari sebuah pergaulan yang akan menjadikan seorang manusia itu lebih berani, lebih pintar dan juga lebih berkembang baik fisik maupun rohani. Dan pergaulan itu sangat dibutuhkan dalam hidup.
Dorongan Kodrat
Kodrat adalah sifat, keadaan atau pembawaan alamaiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh tuhan yang maha esa, misalnya menangis,bergembira,berfikir dan juga berjalan.dan mempunyai sebuah keturunan.
Selain pada manusi kodrat juga terdapat pada binatang dan juga tumbuh-tumbuhan, kerena tumbuhan dan binatang perlu makan, yang mirip dengan kodrat manusia yaitu kodrat binatang.karena binatang perlu berkembang biak dan mati, akan tetapi antara binatang dengan manusia mempunyai banyak sekali perbedaan .yakni perbedaan budi pekerti, akal pikiran dan juga kehendak. Karena binatang tidak mempunyai fikiran dan juga kehendak.
Dorongan Kehidupan Hidup
Setiap manusia pasti membutuhkan kebutuhan hidup dan secara garis besarnya kebutuhan hidup terdiri dari, kebutuhan hidup jasmaniah dan rohaniah.
Kebutuhan jasmaniah misalnya: makan,minum,mandi,pakaian,rumah,sandang,pangan,ketenangan,dan juga hiburan
Dengan memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus bekerja sama dengan manusia lain. Dan kemampuan sangat terbatas.
Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup, maka manusia mempunyai harapan.
Menurut Abraham Maslow sesuai dengan kodratnya harapan manusi atau kebutuhannya manusia adalah:
a. kelangsungan hidup ( survival )
b. keamanan ( safety )
c. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai ( be loving and love )
d. diakui lingkungan ( status )
e. perwujudan cita cita ( self actualization )
Kelangsungan Hidup ( Survival )
Setiap manusia memerlukan kelangsungan hidup dan sangat membutuhkan sandang,pangan,dan juga papan ( rumah ). Dan kelangsungan hidup ini telah ada sejak lahir.
Papan yang dimaksud adalah tempat tinggal atau rumah, rumah merupakan kebutuhan primer manusia,karena rumah itu sebagai tempat tinggal dan juga temapat untuk berlindung dari panas dan gelap.
Untuk memenhi semua kebutuhan tersebut manusia haruslah belajar sejak kecil untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Keamanan
Keamanan sangat dibutuhkan bagi setiap manusia, sejak seorang anak lahir hingga dewasa. Rasa aman tidaklah harus diwujudkan untuk member rasa aman dalam hal agama sering merupakan cara memperoleh keamanan moral bagi pemiliknya.
Hak Dan Kewajiban Mencintai Dan Dicintai
Tiap orang mempunyai hak dan kewajiban, dengan pertumbuhan manusi maka tumbuh pula kesadaran akan hak dan kewajiban.
Bila seseorang telah beranjak dewasa maka ia merasa sudah dewasa. Sehingga sudah saatnya mempunyai harapan untuk dicintai dan mencintai. Sebab umurnya remaja mulai menentang sifat-sifat orang tua yang dianggap tidak sesuai dengan alamnya.
Status
Setiap manusia membutuhkan status, siapa uantuk apa, dan mengapa manusia hidup. Dan juga ada liriknya yang berbunyi “aku ini anak siapa. Dan mengapa aku dilahirkan”. Dan dalam lirik ini dapat kta ambil sebuah kesimpulan bahwa setiap manusia yang lahir dibumi ini tentu akan bertanya tantang satusnya. Akan tetapi anak haram itu tingkah lakunya baik dan tidak berdosa sebab yang berdosa orang tuanya. Namun orang lain akan menge cap yang tidak baik terhadapnya.dan status ini manusia berhak mempunyai dan memperoleh nama baik. ingin berprestasi untuk meningkatkan harga dirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s