MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

A. Pengertian Pandangan Hidup
setiap manusia mempunyai pandangan hidup masing masing setiap individu, pandangan hidup bersifat kodrati, karena itu menentukan masa depan seseorang, untuk itu kita harus mengetahui apa arti dari sebuah pandangan hidup yaitu pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan atau petunjuk hidup didunia.
Pandangan hidup tidak akan timbul dengan seketika atau dalam waktu singkat saja. Melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Yang terdiri dari tiga macam:
a. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
b. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
c. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup ang relative kebenaranya.
Jika pandangan hidup dapat diterima oleh sekelompok oleh individu maka pandangan hidup tersebut disebut ideology. Jika organisasi dipolitik maka disebut ideology politik, dan jika pandangan hidup yang berada di Negara maka disebut ideology Negara.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai kebijakan,usaha dan kenyakinan dan juga kepercayaan.
B. CITA-CITA
Cita – cita adalah keinginan, jadi inti arti dari cita – cita yaitu sebuah keinginan ataupun kemauan yang ingin di raih yang bersal dari hati setiap manusia baik dari fikiran yang mempunyai harapan ataupun tujuan. Cita cita adalah bagaikan sebuah garis linier yang mengambarkan semakin tinggi kemauan dan harapan maka akan semakin tinggi pula yang di cita cita kan.
Maka apabila cita cita itu tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi, maka cita cita itu disebut angan angan .dan disini persyaratan dan kemampuan tidak/belum dipenuhi sehingga usaha untuk mewujudkan sebuah cita cita maka usaha tersebut harus bener bener ditungkatkan.
Factor manusia yang mau mencapai cita cita nya ditentukan oleh sebuah kretivitasnya Ada orang yang tidak berkemauan sehingga yang dicita citakan hanya sebuah angan angan saja. Hal ini akan menimpa kepadaanak muda yang kerjanya suka berkhayal. Akan tetapi tidak mencapai apa yang ia cita citakan karena kurang mengukur dengan kemampuannya sendiri. Dan cita cita merupakan sebuah motifasi atau dorongan dalam menempuh hidup untuk mencapainya. Cara keras dalam mencapai cita cita merpakan suatu pandangan hidup yang bila berhasil akan menjadikan dirinya puas.
Faktor Kondisi yang sangat mempengaruhi tercapai nya sebuah cita cita pada umumnya yang dapat menguntungkan dan dapat menghambat, dan factor yang mengntungkan yang merupakan factor yang dapat memperlancar tercapainya suatu cita cita.
Faktor tingginya cita cita yang merupakan factor ketiga dalam mencapai sebuah cita cita ,karena memang ada anjuran agar seseorang menguntungkan cita citanya setinggi bintang dilangit. Sementara itu ada lagi anjuran agar seseorang menempatkan cita citanya yang sepadan atau sesuai dengan kemampuannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s