MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A. PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Sehingga bertanggung jawab adalah kewajiban menanggung,memikul,menanggung seagala sesuatunya. Atau jawab dan menanggung jawab sebab dan akibatnya.
Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar.bila belajar maka hal itu ia berarti memenuhi kejiban belajar nya.jadi itulah mahasiswa dapat bertanggung jawab atas tanggung jawabnya. Bila pada ujiannya mendapat nilai A atau pun B maka itulah sebagai kadar pertanggungjawabannya.
Seseorang mau bertanggung jawab karena adanya kesadaran atau keiniiatifan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan dari pihak lain. Manusia tidaklah bertindak semaunya terhadap orang lain.
Tanggung jawab bersifat kodrati .artinya menjadi bagian kehidupan manusia. Pasti setiap manusia dibebani oleh tanggung jawab. Apabila tidak mau bertanggung jawab maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab tersebut. Dan pihak lain akan memulihkan baik cara individual mapun dengan cara kemasyarakatan.
Menurut tanggung jawab adalah sebuah keawajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan baik yang berbuat, ataupun seabagai sebab akibat dari perbuatan pihak lain atau sebagai pengabdian. Pengorbanan pada pihak lain.
Tanggung jawab adalah cirri dari manusia beradap. Manusia dapat bertanggung jawab karena ia dapat mengetahui cara yang baik ataupun cara yang buruk. Dan tanggung jawab dapat ditempuh melalui pendidikan ataupun penyuluhan, dan takwa kepada tuhan yang maha esa.

B. MACAM MACAM TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab dapat dibedakan menjadi beberapa macam, maka berikut ini adalah macam macam dari sebuah tanggung jawab:
a. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Yaitu menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian manusia pribadi. Maka dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai moral diri sendiri. Dan dalam hal ini manusia tidak pernah luput dari sebuah kesalahan,kekeliruan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.
b. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Disini telah kita ketahui bahwa manusia tidak pernah luput dari bantuan orang lain. Dengan adanya hal seperti itu maka manusia haruslah dapat berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga demikian manusia disini dapat melakukan hubungan social dengan sekumpulan masyarakat yang nantinya agar dapat memenuhi tanggung jawab tersebut. Maka dengan adayan sekumpulan masyarakat dalam sebuah lingkungan maka kita diharuskan untuk bergaul ditengah tengah masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan dan juga tanggung jawab yang sedang dijalani.
c. Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara
Setiap individu adalah warga Negara suatu Negara dalam befikir ,bertindak dan juga betingkah laku manusia terikat oelh norma-norma atau sebuah aturan-aturan yang telah dibentuk oleh suatu Negara.
d. Tanggung jawab terhadap tuhan yang maha esa
Tuhan menciptakan manusia dibumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab. Melainkan untuk mengisi kehidupan manusia yang mempunyai tanggung jawab langsung kepada tuhan yang maha esa. Pelanggaran hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh tuhan yang maha esa dengan peringatan keras tidak dihiraukan maka tuhan akan melakukan kutukan. Jadi untuk melakukan sebuah tanggung jawab bahwa manusia harus melakukan sebuah pengorbanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s