MENGOBATI PENYAKIT HATI DALAM DIRI MANUSIA

Kita sadari bahwa setiap manusia adalah makhluk yang palig sempurna dimata ALLAH SWT. Karena Allah menciptakan manusia dengan penuh kesempurnaan hati, fikiran dan juga kesempurnaan fisik .oleh karena itu manusia diwajibkan sebagai khalifah atau pemimpin didunia. Dengan berbekal ilmu pengetahuan manusia dapat dengan mudah membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga setiap manusia dapat selalu berfikir untuk berbuat sesuatu maupun berkata sesuatu .
Akan tetapi tidak jarang didunia ini sebagian dari manusia lain tidak mengenal atau tidak dapat membedakan perbuatan yang baik ataupun buruk. Mereka hanya melakukan segala sesuatu menurut keinginan yang ia inginkan saja. tanpa memikirkan perasaan atau efek buruk bagi orang lain. Sehingga dengan adanya sikap seperti itu, maka nantinya akan timbul benih-benih penyakit hati yang ada dalam diri setiap manusia. Dengan timbulnya penyakit hati tesebut maka nantinya akan mempengaruhi kejiwaan seseorang dan semakin mereka menjauh dengan norma norma atau ajaran ajaran agama.
Maka disini saya akan membahas tentang berbagai penyakit hati yang ada didalam diri setiap manusia. Berikut penjelasannya :
1. Iri hati
Iri hati merupakan sebuah penyakit yang ada didalam diri manusia, yang biasanya efek dari penyakit ini yaitu tidak akan pernah mempunyai perasaan hidup yang tenang.mereka selalu tidak akan pernah merasa senang jika seseorang melakukan atau mendapatkan keberhasilan dalam hidupnya. Penyakit ini adalah penyakit yang cukup dibilang berbahaya, karena dapat menjauhkan kita dari pertemanan, persahabatan maupun dari lingkungan masyarakat. Selain itu juga penyakit hati ini dapat mendorong kita ke dalam golongan orang orang zhalim. Yang nantinya akan melakukan berbagai cara untuk mencelakai orang yang mereka anggap sudah mendapatkan keberhasilan.
Oleh karena itu jangan sampai penyakit hati ini hinggap didalam diri kita, jadi sebaiknya cara untuk mengobati atau menanggulangi agar penyakit hati ini tidak hinggap dalam diri kita ,yaitu dengan banyak-banyak beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, banyak berdoa dan memahami isi kandungan yang terdapat pada Al-Qur’an dan Al-hadits .karena disitulah kita dapat mengetahui tentang berbagai contoh sifat dan prilaku yang di larang maupun di anjurkan dalam hidup bermasyrakat sesuai dengan ajaran agama.

2. Sombong
Sombong adalah salah satu sifat yang dilarang oleh agama, karena sombong merupakan penyakit hati yang selalu hinggap didalam diri setiap manusia, oleh karena itu kita sebagai manusia tidak diharuskan untuk memamerkan atau menunjukan segala sesuatu yang kita miliki atau yang orang lain tidak miliki.
Biasanya orang yang mempunyai penyakit sombong ini .mereka merasa bangga dengan semua harta atau jabatan yang ia miliki. Akan tetapi mereka tidak sadar dengan harta atau jabatan yang ia miliki sekarang adalah hanya sebagai titipan Allah SWT saja. Bahwasannya Al-Qur’an telah menjelaskan bahwa “setiap manusia akan mengalami kematian dan tidak ada satupun yang mereka bawa ( harta atau benda ) kecuali amal dan ibadahnya di akhirat kelak” ..
Maka cara untuk mengobati ataupun menanggulangi agar penyakit hati ini tidak hinggap dalam diri kita yaitu dengan cara banyak menbaca dan memahami isi kandungan yang terdapat dalam Al-quran dan Al-hadist. Karena disitulah terdapat berbagai penyakit hati yang sangat dilarang oleh agama. Banyak beribadah sesuai dengan kepercayaan masing masing. Serta menyadari bahwa semua yang kita miliki didunia hanyalah sebuah titipan Allah yang harus kita jaga ,pelihara dan kita gunakan dengan sebaik-baiknya.

3. Menghasut atau provokator
Adalah salah satu penyakit hati yang paling berbahaya, karena menghasut atau istilah lainnya “provokator” yaitu perbuatan yang dapat menjerumuskan orang lain kedalam sebuah masalah ataupun kedalam sebuah kemaksiatan. Biasanya penyakit ini di miliki oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak tahu tentang perbuatan baik dan buruk.
Biasanya orang yang menghasut terhadap orang lain hanyalah untuk tujuan tertentu. Orang yang mempunyai penyakit hati ini biasanya ingin mendapatkan segala sesuatu dengan perantara orang lain. Dengan cara menghasut ia dapat juga dapat me ngadu domba seseorang dengan hasut an yang tercela.
Penyakit hati ini harus lah kita jauhi ,jangan sampai penyakit ini menyatu dengan diri kita .oleh karena itu kita di anjurkan untuk banyak –banyak berdoa terhadap kepercayaannya masing-masing agar terhindar dari penyakit hati ini .karena penyakit ini dapat di murka oleh Allah Swt. Dan lebih memahami segala perbuatan yang dilarang oleh setiap agama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s